Laman

Jumat, 17 Juni 2011

PULAU SAWI (Pulau Bidadari)


Sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Kalimantan Barat, Kab. Ketapang memang kaya dengan obyek wisata yang menarik dan eksotik. Salah satu kawasan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pulau Sawi. Pantai ini layak disebut Pulau Bidadari karena pemandangan alamnya yang sangat menawan dan kondisi alamnya masih asri.

Beberapa waktu yang lalu Kepala Kantor Informasi, Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Ketapang beserta staf mengunjungi pulau ini untuk melihat dari dekat bagaimana sebenarnya potensi wisata yang dimiliki pulau ini. Pulau ini memang memiliki sejuta pesona, antara lain pasirnya yang putih, airnya yang jernih serta banyak terdapat berbagai jenis biota laut seperti ikan, udang, renjong dll.

Ketika berkunjung ke Pulau ini banyak aktifitas yang dapat dilakukan seperti memukat, memancing, berenang, menikmati kelapa muda dll. Saat crew Inbudpar ketika berkunjung ke tempat ini, selain menangkap ikan dengan pukat, mereka juga membeli ikan segar yang baru ditanggap nelayan untuk selanjutnya dibakar. Moment seperti ini adalah saat yang sangat menyenangkan dan akan selalu menjadi kenangan. Jenis wisata seperti adalah jenis wisata yang banyak dikembangkan saat ini. Jenis wisata ini mengajak pengunjung berinteraksi langsung dengan alam sehingga pengunjung mendapatkan sebuah pengalaman baru dan secara tidak langsung menanamkan kecintaan terhadap alam itu sendiri serta masyarakat yang ada dikawasan itu. Trend wisata dunia pun akhir-akhir ini cendrung kepada wisata yang sifatnya back to nature (kembali ke alam). Wisatawan jenis ini biasanya berani untuk membayar mahal untuk mendapatkan sesuatu yang masih asli. Oleh karena itu kelestarian Pulau ini harus tetap dipertahankan, termasuk didalam pengembangannya harus memperhatikan sisi keaslian, keserasian dengan alam serta memberikan nilai manfaat bagi penduduk setempat.
Keistimewaan
Di Pulau Sawi juga sering ditemukan lumba – lumba oleh penduduk, Lobster dan masih banyak lagi yang lainnya.
Lokasi
Secara administratif Pulau Sawi berada di wilayah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia.
Akses
Para wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Gunung Palung dapat menempuh jalur dari Pontianak menuju Ketapang dengan pesawat udara selama 45 menit atau dengan Express Boat selama 6 jam. Kemudian, perjalanan dari Ketapang ke Kendawangan ditempuh dengan minibus selama 3 jam. Lalu menyeberang ke Pulau Sawi dengan kapal kecil atau Motor air (klotok) selama 4 jam. Adapun untuk menyebrang harus menyewa motor air dikarenakan tidak adanya akses penyeberangan yang disediakan pemerintah.
Harga Tiket
Untuk harga tiket tidak dipungut untuk para wisatawan yang berkunjung.
Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
Tidak ada fasilitas yang disediakan oleh pemerintah dan tidak ada investor yang mengelola ini dikarenakan belum tahu ataau belum terkenalnya wilayah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar